Sabtu, 09 Mei 2015

Prosedur Pembuatan SIM C di Polres Bantul

PROSEDUR PEMBUATAN SIM (C) DI POLRES BANTUL
 MUDAH DAN MURAH 
1.       Pertama anda datang langsung ke Polres Bantul, tempatnya di dekat lapangan Paseban ke arah utara tepatnya di timur jalan raya Bantul. 
2.       Jika sudah sampai lalu parkirkanlah motor anda di Parkir umum sepeda motor  di dekat masjid di dalam polres sebelah utara. 
3.       Periksa kelengkapan syarat-syarat yang diperlukan fotokopi KTP, Kir dokter (kalau nyari di puskesmas sekitar 10-15rb rupiah, kalau di polres nanti bayarnya 25rb rupiah) 
4.       Setelah yakin syarat anda sudah lengkap, lalu  anda harus membayar uang pendaftaran sebesar 100.000 rupiah di bank BRI letaknya di dalam polres bagian paling selatan, nanti di sana ada banyak orang duduk mengantri. 
5.       Setelah anda membayar, anda akan diberi formulir kemudian isilah data formulir dengan benar., kalau ada kesulitan mengisi tanyakan pada petugas atau orang yang mengerti yang ada di sana. 
6.       Kemudian jika data sudah diisi langkah selanjutnya masukkan formulir tersebut ke dalam Loket 1, kemudian tunggu sebentar lalu anda akan mendapatkan map warna biru. Isilah map tersebut (bagian sampulnya doang) lalu kembalikan lagi ke Loket 1 dan tunggulah sampai nama anda dipanggil untuk mengambil nomor urut pendaftaran. 
7.       Jika sudah mendapatkan nomor urut pendaftaran, lalu berjalanlah ke arah timur dari Loket 1, lalu anda akan menemui Ruang Foto. Tunggulah sampai nomor urut pendaftaran anad dipangil, biasnaya manggilnya per 5 orang . 
8.       Setelah anda selesai foto, berjalanlah ke barat dan anda akan menemui ruang ujian teori, teorinya macam-macam, tergantung. Bisa question.nya  itu berupa pilihan ganda (a-b-c) atau seperti yang saya dapatkan yaitu soal benar salah (gambar animasi dan audio). 
9.       Kalau anda sudah lulus ujian teori, elanjutnya bapak petugas ujian teori akan menyuruh anda ke arena ujian praktek, tempatnya di barat jalan (keluar polres lalu nyebrang, lalu bawa motor anda ke utara sedikit, nanti akan ada banyak orang ujian pakai rompi warna kuning) 
10.   Di dalam ujian praktek anda akan disuruh jalan dengan motor dengan arah Lurus, Zig-zag, membantuk angka 8 lalu yang terakhir adalah huruf U (yang paling sulit menurut saya yang U, karna saya mengulang ujian praktek hanya karna gagal membentuk hurif U). Kalau anda gagal nomor urut anda akan dikembalikan dan anda akan disuruh mengulang. Mengulangnya bisa hari selanjutnya atau terserah anda yang penting waktunya 14 hari dari hari ujian praktek anda yang gagal. 
11.   Kalau anda berhasil dalam ujian paktek yang di atas, maka motor anda akan dicek lengkap atau tidak. (spion dua, lampu utama, reting, klakson, lampu rem) kalau sudah lulus cek kelengkapan, anda akan disuruh mengelilingi lapangan paseban dua kali putaran dan anda disuruh ngapalin rambu-rambu yang ada dan artinya. Etelah itu anda akan dikaih berkas sama peugas prakteknya. Kemudian bawa berkas tersebut ke Loket 1 dan tunggulah beberapa menit untuk mengambil SIM C anda.MUDAH BUKAN. 
12.    JANGAN PAKAI JASA CALO, KARNA JIKA ANDA PAKAI JASA CALO ANDA AKAN RUGI UANG 250-400 RIBU LEBIH, SEDANGAKN JIKA ANDA SESUAI PROSEDUR ANDA HANYA KEHILANGAN UANG 100.000. UANG 200-300 RIBU ITU MENDING BUAT JAJAN ATAU BELI YANG LAIN DARIPADA DIGUNAKAN UNTUK MENYUAP POLISI. OKEE SEMOGA LANCAR DALAM MEMBUAT SIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar